Just another WordPress.com site

” Pencemaran Lingkungan “

PENCEMARAN LINGKUNGAN

Pencemaran adalah perubahan lingkungan akibat zat pencemar. Pencemaran lingkungan dapat mempengaruhi kegiatan, kesehatan, dan keselamatan makhluk hidup yang ada di dalam lingkungan tersebut.

  1. Sumber-sumber pencemaran

Pencemaran disebabkan oleh adanya zat-zat pencemar atau polutan. Zat pencemar tersebut dapat berupa zat-zat kimia, asap kendaraan bermotor, asap pabrik dan sampah.

  1. Jenis-jenis pencemaran

Umumnya, pencemaran lingkungan digolongkan menjadi pencemaran air, pencemaran udara, pencemaran tanah dan pencemaran suara.

  1. Pencemaran air

Sumber utama pencemaran air adalah limbah industri, limbah pertanian dan limbah rumah tangga. Umumnya, ketiga jenis limbah tersebut langsung dibuang ke sungai atau perairan tanpamelalui proses pengolahan terlebih dahulu. Limbah industri  umumnya mengandung logam berat seperti raksa dan timbal. Logam berat dapat masuk ke dalam tubuh organisme melalui rantai makanan. Logam berat tersebut sangat membahayakan makhluk hidup terutama manusia, karena dapat menimbulkkan berbagai penyakit, antara lain kanker. Limbah pertanian berasal dari penggunaan pupuk dan pestisida, selain membahayakan kesehatan, limbah pertanian juga dapat mengganggu keseimbangan ekosistem. Pupuk yang terbawa aliran air akan menyebabkan penyuburan lingkungan air. Akibatnya beberapa tumbuhan seperti eceng gondok akan tumbuh subur sehingga menutup permukaan air. Eceng gondok yang menutup permukaan air menyebabkan cahaya matahari tidak dapat menembus sampai di dasar sehingga tumbuhan di dasar air tidak dapat melakukan fotosintesis. Oleh karena itu, kadar oksigen di dalam air berkurang dan hewan-hewan akan mati. Berbagai limbah rumah tangga termasuk sampah dan detergen dapat menyebabkan penurunan oksigen di perairan. Selain mengotori lingkungan, limbah tersebut dapat menyebabkan kematian biota air, seperti ikan.

Cara mengatasinya :

  • mengolah limbah cair industri dan rumah tangga sebelum dibuang ke perairan.
  • tidak membuang sisa pestisida ke perairan.
  • tidak membuang sampah ke perairan atau selokan.
  1. Pencemaran tanah

Pencemaran tanah disebabkan oleh aktivitas pembuangan sampah yang tidak dikelola dengan baik, kebocoran limbah cair dari industri , tumpahan minyak, zat kimia dan limbah. Polutan tersebut akan mengendap di dalam tanah sebagai zat beracun. Pencemaran tanah dapat mengakibatkan terganggunya kehidupan makhluk hidup pengurai dan berkurangnya kesuburan tanah.

Cara mengatasinya :

  • Mengolah limbah industri sebelum dibuang.
  • Membuang samapah pada tempatnya.
  • Sampah organik yang mudah terurai digunakan untuk pembuatan pupuk.
  • Sampah yang sulit terurai dapat digunakan kembali.
  1. Pencemaran udara

Pencemaran udara terjadi akibat pembakaran bahan bakar kendaraan bermotor dan gas buangan pabrik. Gas karbondioksida, karbonmonoksida, CFC, sulfur dioksida, nitrogen oksida merupakan jenis polutan yang mencemari udara. Gas karbondioksida terdapat di dalam asap kendaraan bermotor. Jumlah gas karbondioksida di atmosfer yang melebihi ambang batas dapat menghalangi pantulan panas bumi ke atmosfer. Akibatnya terjadi kenaikan temperatur di bumi. Peristiwa ini disebut efek rumah kaca. Karbonmonoksidajuga terdapat di dalam asap kendaraan bermotor. Gas karbonmonoksida sangat reaktif dan beracun. Jika terhirup manusia, maka gas karbonmonoksida dapat menyebabkan sakit kepala, mual, gangguan pernafasan, bahkan kematian. CFC  sering digunakan sebagai aerosol pada hair spray, obat nyamuk semprot, pendingin lemari es, dan penyejuk ruangan. CFC dapat menyebabkan kerusakan ozon di atmosfir. Ozon berguna untuk melindungi kehidupan di bumi terhadap radiasi ultraviolet dari matahari. Sulfur dioksida dan nitrogen oksida dilepaskan oleh hasil pembakaran bahan bakar fosil. Kedua gas ini larut dalam air dan menyebabkan terjadinya hujan asam.

Cara mengatasi :

  • Mengurangi penggunaan bahan bakar  fosil.
  • Tidak menggunakan lemari es yang memakai CFC.
  • Pembuatan taman kota dan jalur hijau.
  • Mengharuskan pabrik yang menghasilkan gas pencemar untuk memasang filter gas.
  1. Pencemaran suara

Suara akan merusak pendengaran manusia apabila berada dalam ambang batas normal. Sumber-sumber pencemaran suara antara lain adalah lalu lintas jalan raya, pesawat  terbang, mesin pabrik, serta peralatan penghasil bunyi ( televisi, radio dan alat musik ). Ambang batas suara menurut WHO adalah 55 dB

Cara mengatasi :

  • Membuat dinding kedap suara
  • Mesin-mesin yang dapat mengeluarkan suara bising haruslah dilengkapi alat peredam suara.
  1. Dampak Pencemaran Lingkungan

Pencemaran lingkungan mempengaruhi kehidupan di muka bumi secara keseluruhan. Dampak pencemaran lingkungan bagi kehidupan di bumi antara lain terjadinya hujan asam, pemanasan global dan penipisan lapisan ozon.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s